Kamis, 28 Mei 2015

Makalah Aplikasi Komputer di Bidang Peternakan


“ Peranan Komputer Dalam Bidang Peternakan 

Oleh :
Nama : KEMAL FARSA MAULANA
NIM : 1405104010024







FAKULTAS PERTANIAN JURUSAN PETERNAKAN
UNUVERSITAS SYIAH KUALA
2014-2015



BAB I
Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Sejalan dengan tingkat kemajuan pembangunan, maka kebutuhan manusia terus meningkat. Pemenuhan kebutuhan pangan meliputi : karbohidrat, lemak, protein, mineral dan hormon. Penelitian dan penerapan hasil penelitian diberbagai bidang ilmu dan teknologi terus diupayakan dan dikembangkan agar pemenuhan kebutuhan terwujud. Dipihak lain, manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya berusaha memanfaatkan segala sistem yang ada disekitarnya. Salah satu sistem yang sangat penting adalah Sistem Bio Sosio Ekonomi yang bernama peternakan.
Sistem ini sangat penting karena menghasilkan bahan pangan manusia yang bergizi tinggi, yaitu protein hewani. Oleh karena itu melalui peternakan, manusia tidak henti – hentinya mengusahakan peningkatan produksi ternak yang berupa protein hewani, baik yang berupa: daging, susu, dan telur. Usaha – usaha tersebut antara lain melalui penerapan ilmu dan teknologi beternak yang disebut pemuliaan ternak. Setelah komputer diciptakan, maka perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak makin maju dan pesat.

B.      Identifikasi Masalah
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peranan komputer dalam bidang peternakan mampu meningkatkan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak agar semakin maju dan pesat. Bertitik tolak dari latar belakang, maka penulis dapat memformulasikan suatu permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1.    Bagaimana perkembangan penggunaan komputer dalam bidang peternakan
2.    Bagaimana peranan komputer dalam peningkatan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak
3.    Apa yang menjadi hambatan penggunaan komputer dalam bidang peternakan
C.      Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1.         Untuk mengetahui bagaimana peranan aplikasi komputer dalam bidang peternakan
2.         Untuk menyelesaikan tugas dari Praktikum Aplikasi Komputer


BAB II
Tinjauan Pustaka

Sebelum kita membahas tentang pengertian yang berkaitan dengan komputer, terlebih dahulu penyusun akan membahas tentang pengertian peternakan, karena bidang peternakan merupakan pokok bahasan kita.

A.      Pengertian Peternakan
Peternakan adalah suatu sistem yang mempelajari tentang pemanfaatan ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Ternak merupakan istilah untuk menunjuk ( secara jamak) kepada suatu binatang jinak yang dengan sengaja dipelihara di dalam suatu agrikultur untuk menghasilkan makanan atau untuk tenaga kerja. Ternak dipelihara untuk penghidupan atau untuk laba.
Peternakan merupakan suatu komponen penting dalam pertanian modern. Dimana telah dipraktekkan banyak masyarakat, sejak transisi menjadi bertani dari gaya hidup perburuan. Alpaka dan berbagai jenis unggas (termasuk ayam, angsa, kalkun dan itik). Sebagai tambahan dibeberapa daerah di dunia khusus dipelihara, antara lain : unta, bison, Ilamas dan burung unta yang mungkin sengaja dibesarkan sebagai ternak. Definisi ini meliputi binatang menyusui dan burung. Jenis ternak yang dibesarkan diseluruh dunia dan tergantung pada faktor, seperti : iklim, permintaan konsumen, binatang asli, tradisi lokal dan jenis daratan.

B.      Pengertian Komputer
Untuk lebih jelasnya disini akan di jelaskan pengertian ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer dan manfaatnya dalam penigkatan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak agar semakin maju dan pesat. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karena luasnya garapan ilmu computer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminiologi komputer.
1.        Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.
2.        Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
a.         Menerima input ;
b.        Memproses input tadi sesuai dengan programnya;
c.         Menyimpan perintah – perintah dan hasil pengolahan;
d.        Menyediakan output dalam bentuk informasi.
e.         Sedang Fouri [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
1.        Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
2.        Proses device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output.
3.        Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses.
a.    Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard kompter pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik yang listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa – apa saja yang sudah diketikkan dan setiap satu huruf atau simbol ketikan, maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan – perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu :
1)        Keyboard Serial, Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT.
2)        Keyboard PS / 2, Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanankan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
3)        Keyboard Wireless, Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infrared, wifi atau Bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang port USB atau serial pada CPU.
4)        Keyboard USB, Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
o     Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program. Secara umum, struktur tombol pada keyboard yang terbagi atas 4, yaitu :
1.    Tombol Ketik (Typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
2.    Numeric Keypad
Numeric Keyboard merupakan bagian khusus dari keyboardyang berisi angka dan sangat berfungsi untuk masukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
3.    Tombol Fungsi (Function keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi padakeyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
4.    Tombol Kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl),alternate (alt), dan escape (esc).
Beberapa fungsi tombol pada keyboard adalah sebagai berikut :
1.         Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasang dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untukShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
2.         Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin suatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.
3.         Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan system operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan pemjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan.
4.         Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaannya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
5.         Tombol Enter adalah tombol yang kegunaannya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
6.         Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab – stop) terdekat.
7.         Menggerakan petunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
8.         Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
9.         Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
10.     Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
11.     Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
12.     Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
13.     Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgDn akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berbeda.


BAB III
Pembahasan

A.      Pembahasan
Dengan melihat latar belakang masalah pada Bab I dan identifikasi masalah serta dilandasi dengan teori – teori tentang peternakan serta didukung oleh pengenalan dasar tentang komputer, penulis dapat memberikan pembahasan secara sederhana sebagai berikut :
1.    Penggunaan komputer dalam bidang peternakan pada dasarnya sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun tidak semua bidang peternakan dapat menggunakan komputer.
2.    Peranan komputer dalam peningkatan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak sangat besar sekali. Hal ini dibuktikan dengan diciptakannya komputer, maka perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak makin maju dan pesat.
3.    Yang menjadi hambatannya adalah belum seluruhnya para peternak dapat menguasai komputer dan belum tersedianya dana untuk pengadaan komputer.


BAB IV
Kesimpulan

Dari hal – hal di atas penulis dapat memberikan kesimpulan dan saran bahwa komputer sangat diperlukan sekali dalam perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak agar dapat maju dan pesat. Ilmu komputer dapat memudahkan serta mengembangkan seluruh aktivitas dalam bidang peternakan.



DAFTAR PUSTAKA

Modul 01 KPPI – Mengetik 10 jari
Sosroamidjojo M.S., and Soeradji S.M. (1978). Ilmu Peternakan Umum. Jakarta : CV Yasaguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar